Selasa, 24 September 2013

Kacang Hijau Kaya Gizi

(Foto : fianzoner)
Kacang hijau ternyata mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebut saja kalsium dan antioksidan. Nah, kacang hijau ini sangat mudah dijumpai dalam makanan atau minuman. Contoh sederhananya adalah bubur kacang hijau. Kacang hijau ini sering disebut sebagai makanan kaya gizi dan sumber energi yang murah meriah. Mau tahu apa saja kandungan gizi dari kacang hijau ? Check this out...

Kandungan kacang hijau yang paling utama adalah karbohidrat yang terdiri dari pati, gula, dan serat. Pada kacang hijau, pati memiliki daya cerna yang tinggi yaitu 99,8%. Oleh karena itu, kacang hijau baik untuk dijadikan bahan makanan untuk bayi dan balita yang sistem pencernaannya belum sesempurna orang dewasa. Selain karbohidrat, kandungan gizi penting lainnya adalah protein. Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang baik dengan kandungan protein sekitar 20% sampai 25%. Protein ini pun memliki daya cerna yaitu 77% pada kacang hijau yang mentah. Daya cerna ini tidak setinggi daya cerna pati karena adanya zat antigizi (seperti antitripsin dan tanin atau polifenol). Sehingga kacang hijau perlu diolah terlebih dulu agar daya cerna proteinnya meningkat. Protein dalam kacang hijau terdiri atas asam amino leusin, arginin, isoleusin, valin, dan lisin.

Kacang hijau bisa dijadikan sumber vitamin dan mineral. Kandungan lemak kacang hijau yang relatif rendah (1 - 1,2%) ini menyebabkan kacang hijau bisa disimpan lebih lama dibanding kacang - kacangan yang lain. Lemak dalam kacang hijau terdiri dari asam lemak tidak jenuh oleat (20,8%), linoleat (16,3%), dan linolenat (37,5%). Selain lemak yang relatif sedikit, Kacang hijau yang merupakan sumber mineral ini ternyata mengandung kalsium (terdapat pada bagian kulit biji, lembaga, dan kotiledon), fosfor yang banyak terdapat di bagian lembaga, besi (terdapat pada embrio dan kulit biji), natrium, dan kalium. Kacang hijau juga mengandung berbagai macam vitamin. Vitamin yang paling banyak terkandung dalam kacang hijau adalah thiamin (B1), riboflavin (B2), dan niasin (B3). Kemudian kacang hijau juga mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin E juga berfungsi untuk meningkatkan kesuburan (fertilitas). Kandungan kacang hijau yang lain adalah serat pangan (dietary fiber) yang dapat terjadinya sembelit serta penyakit sistem perncernaan lainnya.

Itu tadi berbagai kandungan gizi dalam kacang hijau. Ternyata kacang hijau yang murah ini mengandung banyak sekali zat - zat yang diperlukan bagi tubuh, terutama untuk ibu hamil. Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil adalah dapat membuat rambut bayi menjadi subur dan kulit bayi yang dilahirkan akan terlihat bersih. Nha jika Anda ingin tampil awet muda, konsumsilah kacang hijau karena mengandung antioksidan yang relatif tinggi.

Sekian info sehat tentang kacang hijau yang bisa di - share untuk para pembaca. Semoga bermanfaat... ^_^

Bagikan

Jangan lewatkan

Kacang Hijau Kaya Gizi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.