Jumat, 27 September 2013

Jahe + Jus Buah = Penghangat Tubuh

(Foto : Permathic)
Sekarang ini cuaca sudah tidak dapat dipastikan, kadang panas menyengat, tapi kadang dingin menusuk tulang. Saat ini memang tidak ada hujan, tetapi udara di pagi dan malam hari cukup dingin. Udara yang dingin ini biasanya menyebabkan orang malas makan buah - buahan. Padahal di cuaca yang ekstrem ini, tubuh lebih banyak membutuhkan zat - zat gizi agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu, ekstremnya cuaca ini harus diantisipasi dengan memperkuat daya tahan tubuh terutama menjaga kecukupan vitamin, mineral, dan serat dari buah maupun sayuran. Menu yang cocok untuk udara yang dingin ini adalah yang bisa menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, ada tambahan jahe di dalam menu olahan buah - buahan yang nanti akan disampaikan.

Jahe merupakan herbal yang memiliki banyak manfaat. Selain bersifat menghangatkan, jahe juga sangat baik untuk menghilangkan gangguan perut seperti kembung dan masuk angin. Jahe dapat mengatasi radang tenggorokan yang sering terjadi karena di cuaca yang sangat panas tetapi malah mengkonsumsi minuman dingin dengan es. Manfaat jahe tidak hanya itu saja, tetapi jahe juga merupakan sumber antioksidan dan mengandung enzim protease yang baik untuk pencernaan. Selain itu, jahe dapat mencegah kambuhnya penyakit rematik pada penderitanya.

Membuat air jahe sangatlah mudah dan sederhana. Kita tinggal menyiapkan tiga rimpang jahe besar kemudian cuci hingga bersih. Gepuk jahe tersebut, lalu rebus dengan lima gelas air selama ± 20 menit dengan api sedang. Setelah mendidih, angkat. Kemudian dinginkan, lalu bisa disimpan di wadah tertutup. Air jahe inilah yang nanti akan menjadi campuran jus.

Berikut ini tonik dari buah - buahan yang bisa menghangatkan tubuh.

(Foto : Nectura Juice)
JUS APEL JAHE
Bahan :
•  1 buah apel fuji
•  ¼ buah nanas
•  1 cangkir air jahe

Cara membuat :
1. Apel dicuci bersih, nanas diambil dagingnya. Potong - potong buah tersebut secukupnya dan masukkan ke dalam juicer.
2. Tuang sarinya ke dalam gelas, tambahkan air jahe. Kemudian aduk dan siap diminum.
3. Bagi yang ingin mendapatkan serat buahnya secara utuh, gunakan blender. Masukkan semua bahan dalam blender, tambahkan setengah gelas air putih. Haluskan sampai lembut, kemudian tuang ke dalam gelas. Hidangkan.

JUS MANGGA JAHE
(Foto : Resep Jus)
Bahan :
•  ½ buah mangga arum manis
•  1 buah bengkoang ukuran sedang
•  1/8 buah nanas
•  1 cangkir air jahe

Cara membuat :
1. Mangga dikupas dan diambil bagian dagingnya.
2. Bengkoang dikupas, lalu dicuci hingga bersih.
3. Nanas diambil daging buahnya. Potong - potong semua buah, masukkan ke dalam juicer untuk mengambil sarinya.
4. Tuang ke dalam gelas dan tambahkan air jahe. Aduk, siap dihidangkan.
5. Bagi yang ingin mendapatkan serat buahnya secara utuh, gunakan blender. Masukkan semua bahan dalam blender, tambahkan setengah gelas air putih. Haluskan sampai lembut, kemudian tuang ke dalam gelas. Hidangkan.

(Foto : Resep Minuman)
JUS JERUK JAHE
Bahan :
•  3 buah jeruk medan / pontianak
•  1 buah apel fuji
•  ½ buah bengkoang ukuran sedang
•  1 cangkir air jahe

Cara Membuat :
1. Jeruk dikupas dan dibuang bijinya. Bengkoang dikupas, lalu dicuci bersih. Apel dicuci bersih.
2. Potong - potong bengkoang dan apel sesuai kebutuhan. Ambil sarinya menggunakan juicer.
3. Tuang ke dalam gelas, kemudian tambahkan air jahe dan aduk hingga merata. Hidangkan.

Demikianlah beberapa resep yang bersumber dari Gaya Hidup Sehat, mengenai jus buah + air jahe yang dapat berfungsi sebagai penghangat tubuh. Semoga dengan adanya tonik ini, tubuh kita tidak akan kekurangan zat - zat gizi di saat udara sedang dingin. Semoga bermanfaat...

Bagikan

Jangan lewatkan

Jahe + Jus Buah = Penghangat Tubuh
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.