Rabu, 30 Agustus 2017

Tips Menyimpan Daging Agar Tetap Fresh

Sehat Bergizi - Pada postingan sebelumnya Sehat Bergizi telah memberikan tips untuk mengolah daging sapi dan kambing, serta resep olahan daging tersebut. Kali ini Sehat Bergizi akan kembali membagikan tips yang bermanfaat. Tips kali ini mengenai cara menyimpan daging agar tetap fresh.

Seperti dikatakan pada postingan sebelumnya, daging yang bagus kualitasnya adalah daging yang masih berwarna merah segar. Oleh karena itu, untuk menjaga kesegarannya, daging harus disimpan dengan baik. Biasanya, daging disimpan di freezer agar tetap awet dan fresh.
Mengutip dari pernyataan Direktur Halal Centre Fakultas Peternakan UGM, Nanung Danar Dono, Ph.D., ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menyimpan daging tersebut. Berikut ini langkah - langkah menyimpan daging agar tetap fresh :

Tips Menyimpan Daging Qurban
Halal Centre - Fak. Peternakan UGM

1. Jangan mencuci daging sebelum disimpan
Sebaiknya kita jangan mencuci daging sebelum disimpan, terlebih lagi jika mencuci daging menggunakan air kran. Hal tersebut dapat merusak kualitas daging karena pada saat daging dicuci menggunakan air kran, kuman dapat masuk dan tinggal di pori - pori daging. Oleh karena itu, cucilah daging ketika akan dimasak.
2. Potong - potong daging, lalu simpan di dalam plastik
Jika kita akan menyimpan daging, sebaiknya potong - potong daging menjadi bagian yang berukuran kecil. Setelah itu, simpan daging tersebut ke dalam plastik berukuran setengah atau satu kilogram. Baru kemudian kita simpan di dalam freezer. Jika ingin memasak, kita hanya perlu mengambil beberapa plastik daging yang dibutuhkan dan membiarkan daging lainnya tetap berada dalam freezer. Dengan begitu, daging yang disimpan dalam keadaan beku dapat bertahan > 1 tahun.
3. Simpan daging di dalam kulkas sebelum masuk ke freezer
Biasanya, saat akan menyimpan daging, kita langsung menyimpannya di dalam freezer. Ternyata ada cara yang lebih baik agar daging bisa lebih tahan lama segarnya. Sebelum daging disimpan ke dalam freezer, sebaiknya kita simpan daging di kulkas sejuk terlebih dahulu. Simpanlah sekita 4 - 5 jam. Setelah daging dingin, barulan kita masukkan ke dalam freezer.
4. Rendam daging dengan suhu normal sebelum dimasak
Jika kita akan memasak daging yang sudah disimpan dalam freezer, kita perlu merendam daging beku tersebut dengan air kran bersuhu normal. Perendaman ini dilakukan saat daging masih berada di dalam bungkusan plastik. Setelah daging kembali menjadi empuk, buka plastik tersebut dan cuci daging hingga bersih. Kemudian tiriskan daging, lalu daging siap untuk dimasak.
Itulah langkah - langkah praktis yang dapat dilakukan untuk menyimpan daging agar tetap bagus dan fresh. Semoga tips ini bermanfaat ya bagi para pembaca. Nantikan tips - tips bermanfaat serta resep - resep masakan lainnya dari Sehat Bergizi.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Menyimpan Daging Agar Tetap Fresh
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
22 April 2020 pukul 09.49

"izin share ya admin :)
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Line : agen365
WA : +855 87781483 :)
Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)"

Reply