Senin, 16 September 2013

Mensiasati Anak yang Tidak Suka Sayuran

(Foto : Ehow)
Banyak anak yang tidak suka makan sayur. Entah itu karena rasa sayur yang tidak enak lah, ini lah, itu lah. Padahal, dalam masa pertumbuhan, tubuh anak sangat membutuhkan kandungan dari sayuran tersebut. Tapi tenang, ibu kini tak perlu khawatir lagi. Banyak cara untuk mensiasati anak agar mau makan sayur.

Ibu harus memiliki kreativitas dalam mengolah sayuran agar anak mau memakannya. Cara pertama yaitu dengan membuat roti isi sayuran yang diberi saus rendah kalori. Roti isi bermanfaat untuk menyamarkan sayuran, sedangkan saus digunakan untuk menyamarkan rasa sayuran. Selanjutnya, bisa juga dengan membentuk sayuran seunik dan semenarik mungkin agar anak berminat makan sayuran tersebut. Ibu juga bisa membuat aneka bentuk cemilan dari sayur dengan mayonaise atau krim keju. Kemudian ibu perlu mengenalkan anak pada sayuran secara bertahap. Hal ini bisa dilakukan dengan mengenalkan sayuran yang manis terlebih dahulu, setelah itu baru kenalkan anak dengan kaldu sayuran. Perkenalkan juga dengan variasi menu dan jenis sayuran lainnya.

Selain cara di atas, masih ada beberapa tips lagi untuk mengatasi anak yang tidak bisa berdamai dengan Mr. & Ms. Sayuran. Berikut tips - tipsnya :
1. Pasti setiap anak memiliki makanan yang paling disukainya. Ibu bisa menambahkan sayuran ke makanan favorit anak tersebut.
2. Pada siang hari, ibu bisa juga dengan membuat jus sayuran yang enak dan segar untuk anak.
3. Agar jus sayuran tersebut disukai anak, bisa dicampurkan dengan madu untuk menambah rasa dan menyamarkan bau dari sayuran yang dibuat jus tersebut.
4. Selain dibuat jus, bisa juga dengan variasi sayur panggang dicampur sate. Hal ini dilakukan dengan menyisipkan sayuran di setiap tusukan sate.
5. Ibu bisa juga membuat kombinasi sayuran untuk memberikan rasa yang berbeda. Bisa juga ditambah daging, sosis, atau makanan lainnya yang disukai anak.

Jika anak telah terbiasa mengkonsumsi sayuran, maka dengan sendirinya anak akan suka makan sayur. Mudah bukan untuk melakukan tips di atas ? ^_^

Untuk lebih mempermudah ibu dalam mengkreasikan sayuran, berikut ini salah satu resep yang bisa didapat dengan berjalan - jalan di dunia maya. Resep untuk anak yang tidak doyan sayur ini bersumber dari Tabloid Nakita. Resep ini sangat simpel, dan selamat mencoba... ^_^

(Foto : Resep Komplit)

Crepes Wortel

Bahan :
•    1 btr telur
•    170 cc susu cair
•    60 gr tepung terigu
•    1 sdm minyak salad
•    50 gr mentega
•    50 gr wortel, rebus sebentar, haluskan
•    50 kembang kol, rebus sebentar, haluskan
•    100 gr keju parut
Cara Membuat :
1. Buat crepe : Aduk telur dan susu, lalu tuang ke dalam tepung terigu, sambil diaduk hingga rata. Tambahkan minyak salad, aduk dan sisihkan. Buat crepe tipis - tipis dengan diameter 18 cm, sisihkan.
2. Oleskan crepe dengan mentega, tambahkan dengan wortel, kembang kol dan keju parut. Gulung atau lipat berbentuk corong (segitiga).
3. Sajikan selagi hangat atau dingin.
Untuk 10 porsi

Bagikan

Jangan lewatkan

Mensiasati Anak yang Tidak Suka Sayuran
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.